Halloween party ideas 2015

Project ini dibuat dengan menggunakan Timmer pada Delphi, yang mana animasi yang diciptakan adalah menjalankan object sesuai dengan simulasi rambu lalu lintas yang ada. Aplikasi baru yang digunakan pada animasi ini adalah Text Animator yaitu aplikasi yang dapat menggerakkan text.


Tujuan membuat animasi lalu lintas :

  1. Agar lebih mengetahui dan memahami traffic signal
  1. Meminimalisir angka kecelakaan dijalan raya 

Komponen yang digunakan dalam pembuatan animasi Lalu Lintas pada Delphi :

1.

Button 2 Start
: untuk menjalankan atau memulai animasi
2.
Button 1 Stop
: untuk menghentikan animasi saat dijalankan
3.

Speed control
: untuk mengatur kecepatan object (mobil)
4.

Timmer1: TTimer
: untuk mengatur jalannya object saat lampu merah menyala
5.

Merah : TTimer
: untuk mengubah lampu merah menjadi kuning yang berkedip.
6.

Kuning : TTimer
:untuk  mengubah
lampu  kuning  yang  berkedip  menjadi  lampu


hijau.


7.

Hijau : TTimer
: untuk mengatur lampu hijau menjadi lampu merah kembali
8.

Nos : TTimer
: untuk menambah kecepatan object (mobil).
9.

Shape1…5, 13: TShape
: untuk membuat pembatas jalan
10.
Shape 6 : TShape
: untuk membuat jalan
11. Shape 7 : TShape
: untuk membuat BOX mobil
12.
Shape 8 :TShape
: untuk membuat kepala mobil
13.
Shape 9..11:TShape
: untuk membuat roda
14.
Shape 15 :TShape
:untuk membuat batas pemberhentian
15.
Shape 12, 16, 17, 26, 32, 33, 34 :TShape
: Untuk membuat zebra cross
16.
Shape 14, 19, 20, 21, 23,24, 25 :TShape
: Untuk membuat trotoar jalan
17.
Shape 27 :TShape
: Untuk membuta tiang lampu
18.
Shape 28 :TShape
: Untuk membuat traffic lights  BOX
19.
Shape 31 :TShape
: Untuk membuat lampu merah
20.
Shape 29 :TShape
: Untuk membuat lampu kuning
21.
Shape 30 :TShape
: Untuk membuat lampu hijau

Fungsi dari tiap-tiap procedure :



1.      Button2 Start

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject); begin



if posisi=0 then timer1.enabled:=true else if posisi=1 then merah.enabled:=true else if posisi=2 then kuning.enabled:=true else if posisi=3 then hijau.enabled:=true else if posisi=4 then nos.enabled:=true; button1.Enabled:=true; button2.Enabled:=false; end;



Prosedur ini berfungsi untuk menjalankan object, pada saat Button2  diklik maka secara

otomatis object (mobil) akan berjalan.

2.      Button1 Stop

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject); begin
timer1.Enabled:=false;
merah.Enabled:=false;
kuning.Enabled:=false;
hijau.Enabled:=false;
nos.Enabled:=false;
button2.Enabled:=true;
button1.Enabled:=false;
end;

Prosedur ini berfungsi untuk menghentikan object, pada saat Button1 diklik maka secara otomatis object (mobil) yang sedang bergerak akan berhenti tetapi button ini tidak keluar dari form.


3.      Speed Control

procedure TForm1.speedChange(Sender: TObject); begin
label2.Caption:=inttostr(speed.Position+1); end;


Prosedur ini berfungsi untuk mengatur kecepatan laju object dengan cara menggeser Scroll.


4.      Timmer1 : TTimmer

procedure TForm1.Timer1Timer(Sender: TObject); begin
posisi:=0;
if shape8.left<784 then begin
shape8.Left:=shape8.left+(speed.Position+3);
shape11.Left:=shape11.Left+(speed.Position+3);
shape7.Left:=shape7.left+(speed.Position+3);
TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left+(speed.Position+3);
TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left+(speed.Position+3);
shape10.Left:=shape10.Left+(speed.Position+3);
shape9.Left:=shape9.left+(speed.Position+3);
end
else
begin
merah.enabled:=true;
timer1.enabled:=false;
end;
end;


Prosedur ini berfungsi untuk mengatur jalannya object pada saat lampu berwarna merah meyala dan berhenti pada garis pembatas.



 5.      Merah : TTimmer

 procedure TForm1.merahTimer(Sender: TObject); begin
posisi:=1;
merah.Enabled:=false;
kuning.Enabled:=true;
kedip:=7;
shape31.Brush.color:=clgray; end;

Prosedur ini brfungsi untuk merubah lampu merah menjadi lampu kuning.


6.      Kuning : TTimmer

procedure TForm1.kuningTimer(Sender: TObject); begin
posisi:=2;
if kedip=0 then begin hijau.enabled:=true;
kuning.enabled:=false; shape30.Brush.Color:=$0080FF80; shape29.Brush.Color:=clgray;
end else
begin
if kedip mod 2 = 1 then begin
shape29.Brush.Color:=$0080FFFF; end
else begin
shape29.Brush.Color:=clgray; end
end;
kedip:=kedip-1;
end;


Prosedur ini berfungsi untuk menggantikan lampu kuning yang berkedip menjadi lampu

hijau dan menjalankan kembali object.


7.      Hijau : TTimmer

procedure TForm1.hijauTimer(Sender: TObject); begin

posisi:=3;

f shape8.left<855 then begin

shape8.Left:=shape8.left+(speed.Position+3);

shape11.Left:=shape11.Left+(speed.Position+3);

shape7.Left:=shape7.left+(speed.Position+3);

TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left+(speed.Position+3);

TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left+(speed.Position+3);

shape10.Left:=shape10.Left+(speed.Position+3);

shape9.Left:=shape9.left+(speed.Position+3);

end

else

begin

nos.enabled:=true;

hijau.enabled:=false;

end;

end;






Prosedur ini berfungsi untuk menggantikan lampu hijau menjadi lampu merah yang menyala

kembali dan object kembali bergerak dengan kecepatan NOS.


8.      NOS : TTimmer

procedure TForm1.nosTimer(Sender: TObject); begin

posisi:=4;

if shape8.left<1300 then begin

shape8.Left:=shape8.left+(speed.Position+3)*5;

shape11.Left:=shape11.Left+(speed.Position+3)*5;

shape7.Left:=shape7.left+(speed.Position+3)*5;

TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left+(speed.Position+3)*5;

TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left+(speed.Position+3)*5;

shape10.Left:=shape10.Left+(speed.Position+3)*5;

shape9.Left:=shape9.left+(speed.Position+3)*5; end

lse begin

nos.enabled:=true;

hijau.enabled:=false; shape8.Left:=shape8.left-1400; shape11.Left:=shape11.Left-1400; shape7.Left:=shape7.left-1400;



TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left-1400;



TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left-1400;



shape10.Left:=shape10.Left-1400;



shape9.Left:=shape9.left-1400;

timer1.enabled:=true;

shape30.Brush.color:=clgray;

shape31.Brush.color:=$008000FF;

nos.Enabled:=false;

ganti:=ganti+1;

if ganti mod 3 = 1 then

textanimator2.Caption:='Gajah'

else if ganti mod 3 = 2 then

textanimator2.Caption:='Kuda'

else

textanimator2.Caption:='Semut';

end;

end;
Prosedur ini berfungsi untuk menambah kecepatan object pada saat lampu menyala hijau serta bisa mengganti teks animatornya setelah melewati lampu hjau dan lampu menjadi merah kembali

Made by: Olbers E Letfaar 
Download file.doc disin
Download Project Disini
Download Password Disini

Aplikasi Dengan Delphi

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.