Project
ini dibuat dengan menggunakan Timmer pada Delphi, yang mana animasi yang
diciptakan adalah menjalankan object sesuai dengan simulasi rambu lalu lintas
yang ada. Aplikasi baru yang digunakan pada animasi ini adalah Text Animator
yaitu aplikasi yang dapat menggerakkan text.
- Agar lebih mengetahui dan memahami traffic signal
- Meminimalisir angka kecelakaan dijalan raya
Komponen yang digunakan dalam pembuatan animasi Lalu Lintas pada Delphi :
1.
|
Button 2 Start
|
: untuk
menjalankan atau memulai animasi
|
||
2.
|
Button 1 Stop
|
: untuk
menghentikan animasi saat dijalankan
|
||
3.
|
Speed control
|
: untuk
mengatur kecepatan object (mobil)
|
||
4.
|
Timmer1: TTimer
|
: untuk
mengatur jalannya object saat lampu merah menyala
|
||
5.
|
Merah : TTimer
|
: untuk
mengubah lampu merah menjadi kuning yang berkedip.
|
||
6.
|
Kuning : TTimer
|
:untuk mengubah
|
lampu kuning
yang berkedip menjadi
lampu
|
|
hijau.
|
||||
7.
|
Hijau : TTimer
|
: untuk
mengatur lampu hijau menjadi lampu merah kembali
|
||
8.
|
Nos : TTimer
|
: untuk
menambah kecepatan object (mobil).
|
||
9.
|
Shape1…5, 13: TShape
|
: untuk
membuat pembatas jalan
|
||
10.
|
Shape 6 : TShape
|
: untuk
membuat jalan
|
||
11.
Shape 7 : TShape
|
: untuk
membuat BOX mobil
|
|||
12.
|
Shape 8 :TShape
|
: untuk
membuat kepala mobil
|
||
13.
|
Shape 9..11:TShape
|
: untuk
membuat roda
|
||
14.
|
Shape 15 :TShape
|
:untuk
membuat batas pemberhentian
|
||
15.
|
Shape 12, 16, 17, 26,
32, 33, 34 :TShape
|
: Untuk
membuat zebra cross
|
||
16.
|
Shape 14, 19, 20, 21,
23,24, 25 :TShape
|
: Untuk
membuat trotoar jalan
|
||
17.
|
Shape 27 :TShape
|
: Untuk
membuta tiang lampu
|
||
18.
|
Shape 28 :TShape
|
: Untuk
membuat traffic lights BOX
|
||
19.
|
Shape 31 :TShape
|
: Untuk
membuat lampu merah
|
||
20.
|
Shape 29 :TShape
|
: Untuk
membuat lampu kuning
|
||
21.
|
Shape 30 :TShape
|
: Untuk
membuat lampu hijau
|
1.
Button2 Start
procedure
TForm1.Button2Click(Sender:
TObject); begin
if posisi=0 then timer1.enabled:=true
else if posisi=1 then merah.enabled:=true else if posisi=2
then kuning.enabled:=true else if posisi=3 then hijau.enabled:=true
else if posisi=4 then nos.enabled:=true; button1.Enabled:=true;
button2.Enabled:=false; end;
Prosedur ini
berfungsi untuk menjalankan object, pada saat Button2 diklik maka secara
otomatis object
(mobil) akan berjalan.
2.
Button1 Stop
procedure
TForm1.Button1Click(Sender:
TObject); begin
timer1.Enabled:=false;
merah.Enabled:=false;
kuning.Enabled:=false;
hijau.Enabled:=false;
nos.Enabled:=false;
button2.Enabled:=true;
button1.Enabled:=false;
end;
Prosedur ini berfungsi untuk
menghentikan object, pada saat Button1 diklik maka secara otomatis
object (mobil) yang sedang bergerak akan berhenti tetapi button ini tidak
keluar dari form.
3.
Speed Control
procedure
TForm1.speedChange(Sender:
TObject); begin
label2.Caption:=inttostr(speed.Position+1);
end;
Prosedur ini
berfungsi untuk mengatur kecepatan laju object dengan cara menggeser Scroll.
4.
Timmer1 : TTimmer
procedure
TForm1.Timer1Timer(Sender:
TObject); begin
posisi:=0;
if
shape8.left<784
then begin
shape8.Left:=shape8.left+(speed.Position+3);
shape11.Left:=shape11.Left+(speed.Position+3);
shape7.Left:=shape7.left+(speed.Position+3);
TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left+(speed.Position+3);
TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left+(speed.Position+3);
shape10.Left:=shape10.Left+(speed.Position+3);
shape9.Left:=shape9.left+(speed.Position+3);
end
else
begin
merah.enabled:=true;
timer1.enabled:=false;
end;
end;
Prosedur ini
berfungsi untuk mengatur jalannya object pada saat lampu berwarna merah meyala dan
berhenti pada garis pembatas.
procedure
TForm1.merahTimer(Sender:
TObject); begin
posisi:=1;
merah.Enabled:=false;
kuning.Enabled:=true;
kedip:=7;
shape31.Brush.color:=clgray; end;
Prosedur ini
brfungsi untuk merubah lampu merah menjadi lampu kuning.
6.
Kuning : TTimmer
procedure
TForm1.kuningTimer(Sender:
TObject); begin
posisi:=2;
if
kedip=0
then begin hijau.enabled:=true;
kuning.enabled:=false;
shape30.Brush.Color:=$0080FF80; shape29.Brush.Color:=clgray;
end
else
begin
if
kedip
mod 2 = 1 then begin
shape29.Brush.Color:=$0080FFFF; end
else
begin
shape29.Brush.Color:=clgray; end
end;
kedip:=kedip-1;
end;
Prosedur ini
berfungsi untuk menggantikan lampu kuning yang berkedip menjadi lampu
hijau dan
menjalankan kembali object.
7.
Hijau
: TTimmer
procedure
TForm1.hijauTimer(Sender:
TObject); begin
posisi:=3;
f
shape8.left<855
then begin
shape11.Left:=shape11.Left+(speed.Position+3);
shape7.Left:=shape7.left+(speed.Position+3);
TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left+(speed.Position+3);
TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left+(speed.Position+3);
shape10.Left:=shape10.Left+(speed.Position+3);
shape9.Left:=shape9.left+(speed.Position+3);
end
else
begin
nos.enabled:=true;
hijau.enabled:=false;
end;
Prosedur ini
berfungsi untuk menggantikan lampu hijau menjadi lampu merah yang menyala
kembali dan
object kembali bergerak dengan kecepatan NOS.
8.
NOS : TTimmer
procedure
TForm1.nosTimer(Sender:
TObject); begin
posisi:=4;
if
shape8.left<1300
then begin
shape8.Left:=shape8.left+(speed.Position+3)*5;
shape11.Left:=shape11.Left+(speed.Position+3)*5;
shape7.Left:=shape7.left+(speed.Position+3)*5;
TextAnimator1.Left:=textanimator1.Left+(speed.Position+3)*5;
TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left+(speed.Position+3)*5;
shape10.Left:=shape10.Left+(speed.Position+3)*5;
shape9.Left:=shape9.left+(speed.Position+3)*5;
end
lse begin
nos.enabled:=true;
hijau.enabled:=false;
shape8.Left:=shape8.left-1400; shape11.Left:=shape11.Left-1400;
shape7.Left:=shape7.left-1400;
TextAnimator2.Left:=textanimator2.Left-1400;
shape10.Left:=shape10.Left-1400;
shape9.Left:=shape9.left-1400;
timer1.enabled:=true;
shape30.Brush.color:=clgray;
shape31.Brush.color:=$008000FF;
nos.Enabled:=false;
ganti:=ganti+1;
if ganti mod 3 = 1
then
textanimator2.Caption:='Gajah'
else if ganti mod 3 = 2
then
textanimator2.Caption:='Kuda'
else
textanimator2.Caption:='Semut';
end;
end;
Prosedur ini
berfungsi untuk menambah kecepatan object pada saat lampu menyala hijau serta
bisa mengganti teks animatornya setelah melewati lampu hjau dan lampu menjadi
merah kembali
Made by: Olbers E Letfaar
Posting Komentar
Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.