Halloween party ideas 2015

Sistem Digital Basic Gate Function

Pada kali ini saya membagikan beberapa ilmu sistem digital, catatan ini merupakan salah satu seorang siswa universitas janabadra yang telah mengikuti pelaksanaan praktikum hingga selesai dan hasil akhirnya bisa membuat beberapa program. untuk lebih jelas nya dalam pembuatan program kita langsung saja ke materinya.

Tujuan 
  1. Mengetahui cara perankaian logika OR, AND, dan NOT
  2. Mengetahui fungsi setiap IC yang digunakan
  3. Mampu merancang dasar-dasar sistem logika
  4. Mampu mengoperasikan modul sistem logika
Teori Singkat

Pengertian Gerbang Logika
Gerbang logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu signal masukkan tetapi hanya menghasilkan satu signa berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Gerbang-gerbang logika merupakan dasar untuk mmbangun rangkaian elektronik digital. Suatu gerbang logika mempunyai satu terminal keluaran dan satu atau lebih terminal masukan. Keluaran dan masukan gerbang logika ini dinyatakan dalam kondisi HIGH (1) atau LOW (0). Dalam suatu sistem TTL level HIGH diawakili dengan tegangan 5V, sedangkan level LOW diwakili dengan tegangan 0V.

Gerbang Logikan AND
Gerbagn and merupakan salah satu gerbang dasar yang memiliki dua buah saluran keluaran (output). Suatu gerbang AND akan menghasilkan sebuah keluaran biner tergantung dari kondisi masukan dan fungsinya. Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua signal masukan tetapi hanya satu signal keluaran. Gerbagn AND 

mempunyai sifat bila signal keluaran ingin tinggi (1) maka semua signal masukan harus dalam keadaan Tinggi (1). Gerbang AND 2 masukan dapat dianalog sebagai 2 saklar seri untuk menghidupkan lampu, sebagaimana pada gambar di bawah ini.
Analogi dan simbol Gerbang AND
Tabel kebenaran gerbang AND 2 masukan



Perhatikan tabel kebenaran tersebut bahwa L1 = 1 hanya apabila kondisi A dan B = 1. Total kombinasi yang memungkinkan adalah 2N, dimana N merupakan jumlah input , dalam hal ini maka N = 2, sehingga 22 = 4.

Gerbang OR
Merupakan salah satu gerbang logika dasar yang memiliki dua buah saluran keluaran masukan atau lebih dan sebuah saluran keluaran. Suatu gerbang logika OR akan menghasilkan sebuah keluaran logika 1 apabila salah satu atau semua saluran masukannya mendapatkan nilai logika 1. Gerbang OR mempunyai sifat bila salah satu dari sinyal masukan tinggi (1), maka sinyal keluaran akan menjadi tinggi (1) juga. Gerbang OR 2 masukan dapat dianalogikan sebagai 2 saklar paralel untuk menghidupkan lampu, sebagaimana Gambar 1.2.a, dimana lampu akan menyala bila salah satu saklar SA atau saklar SB ditutup.
Analogi dan Simbol Gerbang OR
Tabel kebenaran OR

Perhatikan tabel kebenaran tersebut bahwa L1=0 hanya apabila kondisi A dan B =0. Total kombinasi yang memungkinkan adalah 2N, dimana N merupakan jumlah input, dalam hal ini maka N = 2, sehingga 22=4.

Gerbang Logika Not
Gerbang NOT juga sering disebut dengan gerbang inverter. Gerbang ini merupakan gerbang logika yang paling mudah diingat. Gerbang NOT memiliki satu buah saluran masukan dan satu buah saluran keluaran. Gerbang NOT akan selalu menghasilkan nilai logika yang berlawanan dengan kondisi logika pada saluran masukannya. Bila pada saluran masukannya mendapatkan nilai logika 1, maka pada saluran keluarannya akan dihasilkan nilai logika 0, dan sebaliknya. Gambar 3.1 menunjukkan rangkaian diskrit gerbang NOT yang dibangun menggunakan sebuah transistor dan dua buah resistor.
Gerbang inverter (NOT) merupakan suatu rangkaian logika yang berfungsi sebagai "pembalik", jika masukan berlogika 1, maka keluaran akan berlogika 0, demikian sebaliknya. Gerbang NOT dapat dianalogikan sebagai sebuah saklar yang dihubungkan dengan relay normaly closed (NC) untuk menghidupkan lampu, sebagaimana Gambar 1.3.a, dimana jika saklar  SA terbuka (logika 0), maka relay (S) dalam kondisi tertutup sehingga lampu menyala (logika 1), sedangkan bila saklar terbuka (logika 0), maka relay dalam kondisi terbuka sehingga lampu padam (logika 0).
Analogi dan Gerbang
Tabel kebenaran NOT

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.