Halloween party ideas 2015

Perancangan Sistem Pengenalan Batik Yogyakarta

Dalam perancangan aplikasi pengenalan batik yogyakarta ini digunakan diagram konteks, data flow diagram. relasi tabel, strukture tabel, perancangan menu dan perancangan antar muka.

Diagram konteks aplikasi pengenalan batik
Conteks diagram data atau diagram kontek merupakan diagram alir dengan satu aliran yang memiliki dua komponen. Diagram konteks berfungsi untuk memudahkan pemodelan dan fungsi di dalam pemodelan sistem. Diagram kontek pada aplikasi pengolahan data informasi batik yogyakarta, menjelaskan secara garis besar alur yang terjadi. Diagram konteks aplikasi pengenalan batik seperti gambar berikut.
Data flow diagram (DFD)
DFD level 1 proses pengolahan data batik yogyakarta
Data flow diagram yaitu suatu model logika data atau proses yang di buat untuk menggambarkan asal data dan tujuan data keluar dati sistem dimana data di simpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antar data yang tersimpan. DFD level 1 seperti berikut.

Data flow diagram level 2 proses 1 validasi login
Keterangan: 
Admin dapat mengimput password ke proses login dan selanjutnya proses login mengimputkan data berupa cek data password ke tabel login menginformasikan data password dikirim oleh proses login

Data flow diagram level 2 pengolahan data admin
Keterangan:
Pada DFD level 2 proses data admin menjelaskan proses yang dilakukan pada sisi admin yang menjelaskan proses pengolahan data admin, proses pengolahan data batik yogyakarta, yang meliputi proses input data login, data informasi, data galeri. proses diatas melibatkan tiga yaitu tabel admin, tabel login, dan tabel informasi.

DFD level 2 proses pencarian data user
Keterangan:
Pada DFD level 2 proses pencarian data menjelaskan proses yang dilakukan pada sisi user yang melakukan pengolahan data batik yogyakarta, yang meliputi proses pencarian, pengertian batik, proses pencarian corak batik, proses pencarian membatik, proses pencarian motif batik.
Proses diatas melibatkan tiga tabel yaitu tabel admin, tabel informasi, dan tabel galeri. ketika user melakukan pencarian data maka sistem akan mengambil data dari ketiga tabel tersebut.

Diagram use case
Diagram use case merupakan skenario gambar dari beberapa atau seluruh actor dan use case dengan tujuan mengenali interaksi mereka dalam suatu sistem. Use case diagram menggambarkan dungsionalitas yang diharapkan dari sebuat sistem. gambar seperti berikut
Keterangan
Pada gambar diatas dijelaskan bahwa user mempunyai lima kewenangan yang dapat dilakukan terhadap sistem. Adapun kewenangan uses tersebut meminta informasi tentang batik yogyakarta dan petunjut penggunaan. Pada sisi admin, harus melakukan proses login selanjut admin mempunyai kewenangan penuh untuk mengedit data login, edit data informasi, edit data galeri.

Activity diagram
Activity diagram menggambarkan aliran kegiatan yang dapat dilakukan terhadap sistem. activity diagram yang di gambarkan disini yaitu activity diagram dari sisi client, artinya pengambaran aktivitas yang dapat dilakukan oleh client terhadap sistem.

Activity admin
Keterangan:
Activity diagram disini mengambarkan aktivitas yang dapat di lakukan oleh admin terhadap data layanan admin. disini dapat dilihat proses yang terjadi yaitu ketika admin membuka aplikasi batik yogyakarta maka disitu admin akan melihat dua kategori batik yogyakarta yaitu informasi dan galeri.

Activity diagram user
Keterangan:
Activity diagram disini menggambarkan aktivitas yang dapat dilakukan oleh user terhadap data layanan admin. disini dapat dilihat proses yang terjadi yaitu ketika user membuka aplikasi batik yogyakarta maka disitus user akan melihat 5 kategori batik yogyakarta yaitu pengertian batik, peralatan batik, proses membatik, corak batik, motif batik.

Relasi tabel
Relasi tabel dari aplikasi pengenalan batik yogyakarta yaitu sebagai berikut.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.