Halloween party ideas 2015

MENGENAL DASAR ROUTING

ROURING digunakan untuk meng-handle request yang kita berika ke aplikasi web. Bisa jadi routing adalah jembatan yang menghubungkan dengan respon yang akan di berikan oleh web aplikasi.
dalam touring kita akan mengenal yaitu Get dan Post. secara gamblang kita bisa melihat perbedaannya. Get data dan parameter akan terlihat d url sedangkan Post tidak terlihat di url. akan tetapi laravel bagian routing GET dan POST ini mempunyai cara kerja yang berbeda

Lahkah awal membuat routing dasar pada laravel seperti berikut ini. silahkan baca dan ikuti langkah-langkahnya.

Routing Dasar
Buka folder laravel yang telah diinstall denga text editor anda, kemudian buka router di folder aopp/routers.php. atau anda yang menggunakan laravel 5 silahkan buka di folder app/http/routes.php

keterangan folder:(xampp/htdocs/laravel/app/http/routes.php)


Coding diatas diganti seperti berikut ini


Route::get adalah method digunakan untuk route dengan method get seperti yang di jelaskan di atas
Tanda '/' menunjukkan route yang didefinisikan atau dibuat untuk route utama contohnya return "ini adalah halaman utama/home"; menunjukan mengembalikan satu nilai yang berisi "ini adalah halaman utama/home".

Untuk menjalankan hasil route di atas maka ketikkan url berikut:
Buka web browser dan ketikan alamat localhost/laravel/public/ kemudian hasilnya seperti berikut

1. Rouring Parameter
Fungsi route parameter ini adalah mengirim sebuah nilai atau parameter ke route/kekontroller. di route parameter kita bagi menjadi 4 bagian:
  1. Bacic route parameter (dasar route parameter)
  2. Route Parameter (router berparameter lebih dari satu)
  3. Optional route parameter (opsional route parameter)
  4. Optional route parameter with default (opsional route parameter dengan nilai default)
Basic Route Parameter
Tambahkan atau buat coding berikut ini ke file routes.php


Jalankan dengan ketikkan url seperti berikut: localhost/laravel/public/profile/olbers dan tekan enter pada keyboard untuk melihat hasilnya.

2. Router Parameter Lebih Dari Satu
Untuk mengirim parameter lebih dari satu. contoh dasar route berparameter kita hanya perlu menambahkan /{parameter-baru}. Lebih jelasnya lihat contoh di bawah ini dan bandingkan dengan contoh sebelumnya.

Tambahkan code berikut ini ke route.php


profile/{id}/{nama} digunakan untuk mendefinisikan/parameter route / url-nya. Sedangkan untuk {id} adalah variabel yang dikirimkan atau parameternya {nama} adalah parameter kedua.

function($id, $nama), digunakan untuk menangkap parameter

return'Profile ID /Nama: '.$id.' / '.$nama; digunakan untuk menampilkan kalimat profile nama : sesuai parameter pertama dan parameter kedua.

Coba jalankan perintah diatas dengan url berikut: localhost/laravel/public/profile/1/olbers  dan lihat hasilnya.

3. Optional Route Parameters
Optional route parameter adalah sebuah pilihan jika parameter tidak dicantumkan makan akan diganti dengan null. maka demikian program akan tetap berjalan. contohnya silahkan di coba sebelum anda menghilangkan parameter apa yang akan terjadi. program akan error. sekarang mari kita lihat contoh dari optional route parameter.


Langsung saja untuk menjalankan perinta di atas url-nya seperti berikut:  
localhost/larafel/public/profile/olbers

4. Optional Route Parameter With Defaults
Optional route parameter dengan nilai default ini hampir sama dengan opsional route parameter, cuman perbedaannya hanya kita bisa memberikan nilai default pada suatu parameter jika parameternya tidak di temukan. contohnya seperti berikut:


Langsung saja jalankan di brouser dengan mengetik url-nya seperti berikut:
localhost/laravel/public/profile dan lihat hasilnya.

Sekian untuk pengenalan dasar routing pada laravel.
catata: untuk dapat mengetahui lebih banya lagi tentang dasar-dasar routing bisalahkan baca dan lihat berbagai tutorial maupu penggunnaanya di buku dan di internet.

Terima kasih., Semoga bermanfaat

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.