Halloween party ideas 2015

Dasar-Dasar Basis Data

      Basis data (Bahasa inggris: Database),atau sering juga dieja dengan basis data, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data disebut sistem manajemen basis data (dtabase management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Istila basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronik, artikel ini mengenai basis data komputer.

      Bais data Representasi kumpulan fakta yang saling terhubung disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi baik lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu di organisasikan sedemikian rupa, sehingga inofrmasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanan.
Dalam maksud yang sama, bisa juga diartikan sebagai sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuat Field  merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuat database. Sekumpulan Field yang saling berkaitan akan membentuk Record. 

Pengertian Database

      Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan mengunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Tabel: merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiri dari field dan record.

Field kolom) : merupakan elemen dati tabel yang berisikan informasi tertentu yang spesifik tentang subjudul tabel sebuah item data.
    
Syarat-syarat pembentuk Field Name pada tabel:
  • Harus unik atau spesifik
  • Boleh disingkat
  • Pemisa sebagai penggantian spasi dalam bentuk Field  adalah tanda "_" (tanpa tanda kutiip)
Contoh: Kode Barang menjadi KdBarang, KodeBrg, Kd_Brg, Kd_Barang, Kode_Brg. Tanggal Lahir menjadi TglLahir, Tgl_Lahir, Tgl_Lhr. dan seterus.

Record (Baris) : Merupakan sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, misalnya data seorang siswa akan tersimpan di dalam record yang terdiri dari beberapa kolom/field.

Contoh yang sederhana adalah sebuah buku telepon:
buku telepon
Ini adalah tabel yang terdiri dari 4 field (kolom) yaitu NO, Nama, Alamat, dan Telepon, serta 3 record (baris) yaitu data lengkap mengenai Juliet (record 1), Novi (record 2), dan Said (record 3).

Cara Membuat Tabel Di MS Accsess

Kita akan belajar membuat tabel pada accses bagaimana cara mendesain sebuah tabel sampai proses pemasukkan data kedalam  sebuah tabel.
  1. Langkah pertama kita membuat sebuah database:

  2. Kemudian create nama database dan akan tampil seperti berikut

  3. Kemudian klik design table untuk mendesign tabel sesuai kriteria yang kita inginkan

  4. Klik design untuk mendesaign database serta isikan nama field yang ingin dimasukkan

  5. Ketika semua pemasukkan kriteria field selesai, maka design akan tampil seperti berikut

  6. Selanjutnya kita akan mengisi data pada tabel, hasil input data seperti pada gambar berikut

Sekian untuk pengenalan MS Accsess dan cara membuat Record maupun Field, Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Referensi: Modul Lab IT Universitas Janabadra Yogyakarta.

Terima kasih atas kunjungan Anda
Jangan lupa tinggalkan komentar dan share

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.