Halloween party ideas 2015

Bahasa Visual Basic Application

Dasar dari pemrograman visual basic adalah VBA yang menggunakan dialek basic. Bagi anda yang pernah belajar bahasa basic, tidak akan sulit untuk belajar VBA.
Jadi penguasaan terhadap VBA merupakan syarat mutlak bagi programmer yang lain mendalami pemrograman visual basic.

Type Variabel

      Dibandingkan dengan type data yang terdapat bahasa pada bahasa basic, maka pada VBA, type data yang disediankan lebih banyak, seperti type Currency, Decimal, Object, dan Variant. Variant merupakan type variabel yang istimewa, karena dapat berubah dari satu type ke type yang lain, sesuai dengan evaluasi ekspresi oleh visual basic.
Ketetapan pemilihan type variabel akan sangat menentukan pemakaian resources oleh aplikasi yang dihasilkan, adalah tugas programmer untuk memilih ytpe yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berperformance tinggi.
Type variabel, pemakaian storage dan jangkauan masing-masing

Operator pada visual basic dan urutan operasinya

Visual basic menyediakan operator aritmatika, komparasi dan logika, salah satu hal yang harus dipahami oleh programmer adalah tata urutan operasi dari masing-masing operator tersebut sehingga mampu membuat ekspresi yang akan menghasilkan nilai yang benar.
Contoh: 
  • A= 1=2*3       'Akan menghasilkan 7
  • B= (1+2)*3    'Akan menghasilkan 9
Operator pada Visual Basic dan urutan operasi dari atas ke bawah

Operator like

Salah satu operator yang menarik untuk dibahas adalah operator like, karena operator ini tidak tersedia pada bahasa Basic, operator digunakan untuk operasi pencocokan pola pada string yang akan sangat membantu programmer.
Syntax:
  • Result=string Like pattern
Character dalam pencocokan pola pada operator Like

Contoh:
  • MyCheck ="aBBa" Like "a*a"                           'Returns True.
  • MyCheck ="F" Like "[A-Z]"                              'Returns True.
  • MyCheck ="F" Like "[!A-Z]"                             'Returns False.
  • MyCheck ="a2a" Like "a#a"                               'Returns True.
  • MyCheck ="aM5b" Like "a[L-P]#[!c-e]"           'Returns True.
  • MyCheck ="BAT123khg" Like "B?T*"             'Returns True.
  • MyCheck ="CAT123khg" Like "B?T*"

Deklarasi variabel

Visual basic memungkinkan  kita untuk menggunakan variabel tanpa deklarasi. Tetapi hal ini adalah kurang baik untuk praktek pemrograman yang terstruktur dan menghindari kesalahan pengolahan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam pengetikkan nama variabel.

Agar setiap variabel yang digunakan harus dideklarasikan, dapat digunakan perintah:
  • Option Explicit
Pada setiap awal module, atau pada menu tools, pilihan Option, pilih tab Editor, buat perintah check pada Requeire Varibel Declaration.
Deklarasi variabel pada visual basic dapat dilakukan dengan Keyword berikut:
Keyword pada deklarasi variabel
Sintax:
  • <keyword> Nama Variabel [As Type Variabel]
Contoh: Dim Nama As String

Konvensi penamaan dalam visual basic

Ketika anda menulis code visual basic, anda mendeklarasikan banyak elemen (Sub dan Fungtion procedures, varibel, contants, dan lainnya). Nama dari procedure, varibel, dan constant yang mana anda deklarasikan pada visual basic harus mengikuti petunjuk berikut:
  • Harus dimulai dengan Huruf
  • Tidak dapat mengandung titik atau spesial karakter
  • Tidak dapat lebih dari 255 huruf, nama dari kontrol, form, class, dan module tidak dapat melebihi 40 karakter
  • Tidak dapat sama dengan keywords yang tercadang
Keyword yang tercadang adalah kata yang visual basic gunakan sebagai bagian dari bahasanya. ini terdiri dari predefined statements (seperti If dan Loop), fungtion (seperti Len dan Abs), dan operator (seperti Or dan Mod).

Deklarasi Variabel

Deklarasi variabel pada bagian deklarasi (general declaration) di suatu form, standard, atau class module, dari pada dalam suatu procedure, membuat variabel itu berlaku untuk semua procedure dan fungtion dalam bentuk module tersebut.
Deklarasi variabel dengan menggunakan keyword public membuatnya berlaku pada keseluruhan aplikasi anda.
Deklarasi suatu variabel lokasi dengan menggunakan keyword static akan menyimpan nilai ketika suatu prosedure berakhir.

Deklarasi implicit

Anda tidak perlu mendeklarasikan suatu variabel sebelum menggunakan, tetapi fasilitas ini tidak didasarkan oleh penulis, karena dapat mengakibatkan bug-bug tersembunyi karena pemakaian variabel yang tidak konsisten dan kemungkinan kesalahan pengetikkan nama variabel.

  • Defaultnya Visual Basic menggunakan Deklarasi Implicit.

Deklarasi explicit

Untuk mengegah kesalahan mengetik variabel, dan visual basic akan selalu memberikan peringatan jika menemukan nama yang tidak dideklarasikan terlebih dahulu sebagai suatu variabel.

Ingat:
Pernyataan option explicit hanya per-module, sehingga harus diletakkan pada bagian deklarasi pada setiap form, dan class module yang mana anda ingin visual basic memaksakan suatu explicit variabel deklarasi.

Mengenal struktur kendali

Struktur kendali memungkinkan anda untuk mengatur jalannya program anda, jika membiarkan tanpa diperiksa oleh statement control-flow, suatu logika program akan berjalan dari kiri ke kanan dan dari atas kebawah. Hanya program yang sangat sederhana dapat ditulis tanpa Statement control-flow.

Struktur keputusan
Struktur keputusan yang didukung oleh Visual Basic adalah sebagai berukut:

If... Then
Gunakan suatu struktur If... Then untuk menjalankan suatu pernyataan secara kondisional. Anda dapat menggunakan syntax satu baris ataupun syntax banyak baris:

If kondisi Then pernyataan
atau
If kondisi Then
    pernyataan-pernyataan
End Id

Kondisi biasanya berupa suatu perbandingan, maupun ekspresi yang menghasilkan nilai numerik. visual basic menginterpretasikan False sebagai Nol (0), dan True sebagai bukan Nol.

If... Then... Else
Gunakan If... Then... Else untuk mendefinisikan beberapa blog pernyataan yang akan dijalankan salah satu berdasarkan kondisi yang memenuhi syarat.

Visual basic awalnya akan mencoba kondisi. Jika False, maka visual basic akan memeriksa kondisi2, dan seterusnya sampai menemukan suatu kondisi True untuk dijalankan blog pernyataan.
Contoh:

Select case
Visual basic menyediakan struktur Select case sebagai suatu alternatif terhadap If... Then... Else. suatu Select Case Statement memiliki kemampuan yang sama dengan If... Then... Else. tetapi membuat code lebih mudah dibaca.
Struktur Select Case bekerja dengan suatu percobaan tunggal yang hanya di evaluasi satu kali pada bagian atas struktur. visual basic then membandingkan hasil ekspresi dengan nilai pada setiap Case didalam struktur tersebut, jika ada yang sesuai, akan dijalankan blok statement yang sesuai.
Contoh:

Deklarasi konstanta

Anda sering menjumpai suatu code yang mengandung nilai yang berulang-ulang ataupun nilai yang memiliki arti khusus, atau anda menemukan anda menemukan bahwa angka tersebut susah diingat. Dalam hal ini anda dapat membuat code anda menjadi lebih mudah dibaca-lebih mudah ditangani-dengan menggunakan suatu konstanta. Suatu konstanta adalah nama yang menyimpan dari suatu nilai yang tidak dapat berubah. ada dua sumber dari suatu konstanta:
  • Instrnsic atau system-defined konstanta yang disediakan oleh suatu aplikasi atau control. konstanta visual basic terdaftar pada visual basic (vb), visual basic for application (VBA), dan Data access (DAO).
  • Symbolyc atau user-defined konstanta adalah deklarasi dengan menggunakan statement const.
Membuat konstanta anda sendiri. Syntax untuk deklarasi konstanta adalah:
Contoh:
Scope dari suatu user-defined  konstanta
  • Membuat suatu konstanta yang mana hanya ada dalam suatu procedure, deklarasikan di dalam procedure tersebut
  • membuat suatu konstanta berlaku pada suatu procedure dalam suatu module, deklarasikan dia pada bagian deklarasi di module tersebut
  • Membuat suatu konstanta berlaku pada semua aplikasi, deklarasikan dia dengan keyword public sebelum kata Const.
Strukture Perulangan
Strukture loop memperbolehkan anda untuk melaksanakan sekelompok baris lebih dari satu kali:
  • Do... Loop
Gubakan Do Loop untuk mengeksekusi suatu blog statement dengan jumlah perulangan yang tak terhingga, ada beberapa Do... Loop statement, tetapi masing-masing mengevaluasi suatu kondisi untuk menentukan apakah melanjutkan eksekusi

Berikut ini adalah Statement Do... Loop, yang dijalankan selama kondisi benar:
Ketika Visual menjadikan Do Loop ini, pertama kali akan dicoba kondisinya, jika kondisi False (zero), akan diloncati semua statement yang mengikuti kondisi tersebut. Visual basic akan menjalankan statements jika kondisi benar dan kembali ke Do Loop berikutnya.
Variasi lain dari statement Do Loop, yang menjamin minimal satu kali statement dijalankan:
Dua variasi yang analog dengan dua contoh sebelumnya adalah perulangan minimal satu kali. dan berikut ini adalah perulangan atau tidak sama sekali:
For... Next
Do Loops bekerja dengan baik, ketika anda tidak tahu berapa banyak kali untuk butuhkan untuk menjalankan satement. ketika anda mengetahui harus menjalankan statement sejumlah kali, bagaimanapun For... Next adalah pilihan yang lebih baik. tidak seperti Loop, For...Loop menggunakan suatu variabel yang disebut counter yang mana akan bertambah atau berkurang pada setiap perulangan. Syntaxnya adalah:

Argumen counter, start, end, dan increment semuanya adalah numerik:
  1. Dalam melakukan For loop, Visual basic
  2. Menset nilai counter sama dengan start
  3. Mencoba apakah counter lebih besar dari end, jika ya, visual basic meninggalkan looping tersebut
  4. Menjalankan statements tersebut
  5. Menaikkan counter dengan 1 atau dengan nilai step yang ditentukan
  6. Mengulangi langkah 2 sampai 4
Code berikut akan mencetak semua item yang terdapat pada suatu daftar list.

Struktur kendali nested

Anda dapat melakukan suatu struktur kendali didalam struktur kendali lainnya, yang dikenali dengan istilah nested. Struktur kendali pada Visual basic dapat nested sebanyak level yang anda inginkan.

Meninggalkan suatu struktur kendali
Satement Exit memperbolehkan anda untuk keluar langsung dari suatu For loop, Do loop, syntax untuk statement Exit adalah sederhana: Exit For dapat muncul sebanyak mungkin dalam suatu For. Loop, demikian juga Ed=xit Do untuk Do loop.

Statement Exit Do bekerja pada semua versi syxtax Do loop.
Exit For dan Exit Do adalah kadang-kadang perlu untuk keluar dari suatu loop dengan segera, tanpa melakukan interasi yang berikutnya.


Module Pada Visual Basic

Visual basic menyediakan module yang dapat digunakan untuk membuat fungsi, subrutin, konstanta, variabel dan type ciptaan yang akan disediakan bagi keseluruhan project. untuk membuat module dalam project anda menggunakan perintah Project, add module.

Sesaat setelah anda menambahkan module, maka pada jendela project explorer akan nampak Module1.

Untuk melakukan koding, anda dapat melakukan double klik pada Module tersebut.

Deklarasi variabel pada module

Pada Module anda dapat mendeklarasikan variabel dengan awalan DIM, PRIVATE maupun PUBLIC, dimana alawan DIM dan PRIVATE anda membentuk variabel Module Level (hanya berlaku didalam pemakaian module bersangkutan), sedangkan awalan PUBLIC akan menghasilkan variabel Global yang akan berfungsi sebagai keseluruhan Program.

Contoh:

Deklarasi fungsi dan sub

Sub dan Function yang dideklarasikan dala suatu Module bersifat Global bagi keseluruhan program, kecuali kalau diawali dengan awalan PRIVATE.

Contoh:
Sub tengah diatas berlaku untuk program secara keseluruhan.

Mengenal procedure

Procedure digunakan untuk memadatkan tugas-tugas berulang ataupun proses yang digunakan bersama, seperti perhitungan yang sering dilakukan, text dan manipulasi kontrol, serta operasi database.

Secara umum ada dua keuntungan dengan pamakaian procedure dalam program:
  1. Procedure memungkinkan anda untuk memecahkan program anda pada unit logika yang lebih kecil, sehingga anda dapat dengan mudah melakukan proses debug dari pada jika keseluruhan program tanpa menggunakan procedure.
  2. Procedure yang digunakan dalam suatu program dapat bertindak sebagai suatu blog yang dibangun untuk program lain dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali.
Ada beberapa jenis prosedure yang digunakan dalam Visual basic.
  • Sub procedure yang tidak mengembalikan nilai
  • Function procedure yang mengembalikan nilai
  • Property procedure yang dapat mengembalikan nilai dan diisi nilai yang mengacau pada suatu objek.
Sub Procedure
Syntax penulisan Sub Procedure:
[Private|Public][Static]Sub namaprocedure (argumen-argumen)
pernyataan-pernyataan
End Sub

Setiap kali procedure di panggil, maka pernyataan-pernyataan yang berada diantara Sub dan End Sub akan dijalankan.
Argumen pada procedure adalah nilai yang akan dilewatkan saat pemanggilan procedure.
Di Visual basic Sub Procedure dapat dibagi atas dua yaitu:
  • General Procedure: Prosedure yang diaktifkan oleh aplikasi
  • Event Procedure: Procedure yang diaktifkan oleh system sebagai respon terhadap Event.
Contoh, sub tengah yang dapat digunakan untuk menampilkan form ketenga layar, dimana x adalah parameter yang merupakan form yang akan di buat ketengah layar.

Function procedure

Pada Visual basic telah tersedia berbagai fungsi bawaan seperti Sqr, Cos, dan Chr, tetapi fungsi-fungsi yang tersedia tersebut bersifat umum dan kadang-kadang tidak memenuhi kebutuhan programmer, untuk keperluan tersebut anda dapat menciptakan fungsi-fungsi sendiri yang dikenal dengan Function Procedure.

Adapun Syntax penulisan function procedure:
[privare|public][Static]Function namaprocedure (argumen-argumen) [As Itype]
statements
End Function

Ada tiga perbedaan antara function  dan procedure:
  • Umumnya anda dapat memanggil suatu function dengan mengikuti nama function sisi kanan dari statement atau ekspresi. (returnvalue = function()).
  • Function memuliki type data seperti suatu variabel. ini menentukan type yang dari nilai yang dikembalikan.
  • Nilai kembali dimasukkan ke nama function itu sendirinya, dan suatu function dapat menjadi bagian dari suatu ekpresi yang panjang.
Contoh Function ciptaan untuk mengembalikan nama bulan dari suatu tanggal dalam bahasan indonesia.

Sekian untuk pembahasan Visual Basic Application (VBA). semoga bermanfaat..
Jangan lupa tinggalkan komentar dan share..

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.