Halloween party ideas 2015

Sejatah dan Definisi Multimedia

A. Sejarah Multimedia

      Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987, dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.
       Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan bagi kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. pada saat ini informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. sekarang informasi mencakup kelengkapan teks, grafik serta animasi telah diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang pendidikan digunakan sebagai alat tutorial yang canggih.
      Pada masa sekarang ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan komputer. setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari hari kehari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat membantu manusia untuk menyelesaikan beberapa aktifitas. hampir semua kalangan dapat menggunakan komputer baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

B. Definisi Multimedia

     Multimedia berasal dari kata "Multi" yang berarti banyak, dan "Media" berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. jadi berdasarkan kata "multimedia" dapat disimpulkan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudia di definisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. adapun elemen-elemen tersebut yaitu berupa: teks, gambar, suara, animasi, dan video
      Menurut Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan membangun teks, grafik, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan teks link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.

Bahasa Pemrograma Multimedia


1. Perangkat Lunak Multimedia

   Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data prossessing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Fungsi perangkat lunak multimedia antara lain mengidentifikasikan program multimedia dan menyiapkan aplikasi program multimedia sehingga tata kerja seluru peralatan komputer multimedia jadi terkontrol serta mengatur dan membuat pekerjaan agar yang berkaitan dengan multimedia lebih efisien.

2. Bahasa Pemrograman Multimedia

    Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa-bahasa yang di pakai programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam multimedia
  • Assembly
Bahasa tingkat rendah lebih dekat hubungannya dengan mesin, maka bahasa ini disebut juga machine Oriented, misalnya assembly. Bahasa ini merupakan bahasa cepat yang di gunakan dalam banyak sistem multimedia, khususnya  game. contohnya nintendo entertaiment sistem (NES), super nintendo entertaiment sistem (SNES), game boy, dan  genesis. Assembly mempunyai kemampuan besar untuk menyelesaikan masalah spesifikasi yang kritis terhadap waktu.
      Bahasan ini lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu, karena bahasa lain berlaku sebagai buffer layer terhadap intruksi assembly. Assembly berkomunikasi langsung dengan intruksi prosessor. Bahasa assembly tetap digunakan dalam konsul generasi terbaru dan peranlatan yang melekat karena kecepatannya.
  • C, C++ dan Visual C++
Bahasa pemrograman tingkat tinggi, antara lain bahasa C, yang merupakan bahasa yang unggul untuk sistem operasi multimedia windows dan OS/2. Perintah dan sintaks bahasa C mendefinisikan cara penulisan aplikasi multimedia. sebagian besar penulis multimedia menghindari habasa C, karena belajar menulis bahasa C seperti belajar bahasa baru. meskipun demikian jika anda belajar bahasa pemrograman multimedia sungguh-sungguh, amaka anda menyukai menggunakan outhoring dan toolkits untuk mengembangkan aplikasi multimedia, tetapi saat-saat yang membutuhkan kontrol langsung maka bahasa C digunakan. sony playstation diprogram dengan bahasa C. sekarang bahasa C berkembang menjadi C++, yang dibangun dengan fondasi yang sama dengan bahasa C, tetapi dirancang untuk pemrograman berorientasi objek (OOP).

Visual C++
  • Delphi
Delphi merupakan perangkat lunak pengembangan yang sangat terkenal di lingkungan windows. dengan perangkat lunak ini anda dapat membangun berbagai aplikasi windows, termasuk aplikasi multimedia dengan cepat dan mudah. Delphi menggunakan pendekatan visual dam mempunyai fungsi yang dapat menyajikan suara yang terdapat pada berkas yang berekstensi WAV, yaitu fungsi API. delphi juga dapat digunakan untuk membuat program dengan media player yang dapat memainkan berkas suara, baik berupa WAV ataupun MID dan juga movie yang berbentuk AVI ataupun DAT.

Delphi
  • SQL Windows
SWL Windows merupakan kependekan dari Strcture Query Language. SQL merupakan bahasa yang dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan database. tidak seperti bahasa lainnya, bahasa C atau Visual Basic. SQL diciptakan dengan sedikit kata, karena dirancang untuk memberikan kepada anda membaca dan menulis dara dari suatu database dengan cara sederhana dan efisien. Menurut SQL adalah kemampuan yang didukung database besar. sql mudah dipelajari dan merupakan bahasa yang powerfull serta mampu mengoperasikan database yang kompleks.

SQL
  • Visual Basic
Merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Microsoft. Visual Basic, termasuk Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi, yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi database dan web. Visual Basic bekerja dengan baik pada medium visual. Objek seperti kotak dan window dapat dibuat relatif cepat dengan Visual Basic. Visual Basic dirancang untuk dapat mengakses Windows API. Fungsi Windows API adalah sebagai berikut:
  1. Windows management berfungsi untuk membantu dan mengelolah interface pemakai untuk aplikasi
  2. Graphical device interface berfungsi untuk menjalankan output grafik pada peralatan windows
  3. Sistem service berfungsi menyediakan akses kepada sumberdaya komputer dan sistem operasi
  4. Remot procedure calls berfungsi untuk melaksanakan komputasi terdistribusi
  5. Multimedia berfungsi dapat mengakses pelayanan audio dan video
Visual Basic
  • Java
Java adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh sun microsoft sistem. bahasa ini merupakan sebuah bahasa berorientasi objek yang sangat mirip dengan C++. java dikenal secara luas untuk platform yang independen, yang berarti program yang ditulis pada sebuah PC dapat dujalankan pada Mac atau lainnya.

Java
Jangan lupa dishare ya gan..

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda untuk setiap post yang mungkin bagi anda sangat bermanfaat.

Olbers Letfaar

{picture#https://scontent-sit4-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/20032047_1702672473095128_6121814837846983047_n.jpg?oh=f1fb4da2b34a71d9ee0569e2620af150&oe=59F110E3} OlbersBlog adalah, web blogger tentang kupas tuntas mengenai IT (Information Teknologi). Kami berbagi mengenai bahasa pemrograman dan aplikasi lainnya yang telah kami pelajari. {facebook#https://www.facebook.com/Olbers.letfaar} {twitter#https://twitter.com/olbers_blogger} {google#https://plus.google.com/u/0/101511063281433926732} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCwWx1puRihmbypokQyvXFQA} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.